Jumat, 15 Januari 2016

Desain Apa Itu ?



Siapa yang tidak tahu tentang desain, semua orang pasti sudah dengar apa itu yang dimaksud dengan desain. Akan tetapi semua orang tentu mempunyai pendapat masing-masing tentang desain.

Desain adalah garis besar, sketsa; rencana, seperti dalam kegiatan seni, bangunan, gagasan tentang mesin yang akan diwujudkan (The American Collage Dictionary). Desain adalah gambar atau garis besar tentang sesuatu yang akan dikerjakan atau dibuat (Readers Dictionary, Oxford Progressive English).

Akan tetapi dalam memahami akan arti desain menurut saya desain adalah sebuah bentuk, yang dimana awalnya sudah direncanakan (rancangan) dan sebagian besar dijadikan bentuk tersebut ke dalam bentuk yang nyata. Dalam kehidupan nyata yang tercipta secara alami atau buatan manusia, tidak ada yang tak ber desain. Karena desain tak mengenal bentuk apapun, abstrakpun itu sebuah desain.

Apabila seseorang menginginkan suatu desain yang indah maka pergilah dan kenalilah alam raya, karena desain yang indah sifatnya alami. Salah satu sifat alamai atau yang terbentuk secara alami adalah tanpa adanya garis lurus. Karena hampir 99% yang bersifat alami itu tidak ada yang bergaris lurus, pasti lengkung atau curva. Lihat sekeliling anda yang bersifat atau terbentuk secara alami, kemudian perhatikan bentuk tersebut.

Akan tetapi kembali kepada diri kita sendiri bagaimana kita mengembangakan akan sebuah desain tersebut menjadi bentuk lurus ataupun curva. Karena bentuk lurus ataupun curva itu semua adalah desain.

Desain Itu Apa ? Ga tau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar